Ada empat langkah utama dalam pencetakan lembar kerja Microsoft Excel sebagai berikut:
Pemilihan Area Pencetakan.
Spesifikasi area percetakan
Untuk spesifikasi area percetakan, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Tampilkan menu Page Layout
2. Pilih Page Setup, seperti gambar berikut.
3. Klik sheet
4. Geser pointer ke kotak Print Area, kemudian klik
5. Ketik spesifikasi area percetakan
Misalnya B2:AC56 seperti gambar di bawah. Setelah itu klik OK atau tekan ENTER untuk menutup kotak dialog.
Pemilihan header Tetap
Jika ada header yang konsisten atau tetap di setiap lembar percetakan( seperti judul Laporan atau Heading), Anda dapat meminta Excel untuk mencetak secara otomatis dengan menggunakan perintah Page Setup dengan langkah-langkah seperti di atas:1. Pilih menu Page Layout
2. Pilih Page Setup
3. Klik Sheet
4. Bedanya hanyalah menggeser pointer ke kotak Rows to Repeat at Top, klik.
5. Ketik spesifikasi area percetakan judul, misal A1:AC1, kemudian klik OK atau tekan ENTER.
Modifikasi Setting Percetakan
Layout dan Fungsinya
Layout | Fungsi |
Orientation | Menghasilkan Cetekan dalam bentuk tidur (Landscape) atau berdiri (Potrait) |
Margins | Menspesifikasi jumlah spasi dan area percetakan lembar kerja |
Header / Footer | Informasi yang dimuat dalam kotak ini akan tampil sebagai Header atau Footer disetiap halaman Printout |
Center of Page | Menentukan apakah dokumen di tengah pada arah vertikal atau horisontal dalam halaman. |
Gridlines | Menentukan garis Jaring-jaring sel dicetak atau tidak. |
Row and Column Headings | Menentukan apakah heading Baris dan kolom dicetak. |
Pada umumnya, pilihan Rows and Column Heading dan Gridlines dinonaktifkan, agar cetekan dokumen lebih bersih dan profesional.
Spesifikasi setting layout
Untuk Spesifikasi setting layout halaman, laksanakan langkah-langkah berikut:1. Pilih Menu Page Layout
2. Pilih Page Layout
3. Klik salah satu button pilihan proses.
4. Setelah kotak dialog tampil, aktifkanlah pilihan yan Anda inginkan.
5. Klik OK atau tekan ENTER.
Penayangan Printout
Misalnya Anda akan mencetak dokumen berikut:
Langkah-langkah penayangan printlayout
Adapun langkah-langkah yang Anda lakukan sebagai berikut:1. Pilih Page Layout
2. Pilih Page Setup
3. Jika kotak dialog sudah muncul, pilih button Print Preview seperti tampak pada gambar di bawah'
Setelah itu, akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan Anda dapat meninjau dukumen yang anda akan cetak.
Pada saat Anda berada dalam halaman seperti di atas, Anda dapat berahli ke halaman yang lain dengan tombol next atau Previous. Selain itu Anda juga bisa memperbesar dokumen dengan menggunakan Zoom.
Untuk menampilkan margin halaman gunakan tombol Margin. Ubah setup halaman Anda dengan tombol Page Setup
Pencetakan Lembar Kerja.
Setelah Anda melakukan setup halaman dan meninjau tampilan halaman cetakan, Anda dapat melakukan pencetakan dokumen. Pencetakan dapat dilakukan dari halaman preview atu pun bisa dilakukan dengan perintah File Print.Langkah-langkah Pencetakan Lembar Kerja
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Pilih Page Layout.
2. Pilih Page Setup
3. Setelah kotak dialog muncul, Klik perintah Print.
Anda juga bisa langsung memilih C+P.
4. Jika kotak dialog Print muncul, aktifkan yang di inginkan kemudian pilih OK.
Pastikan semua bagian lembar kerja yang akan dicetak telah dipilih yaitu memilih setiap sel lembar kerja yang akan di cetak.
Demikianlah sedikitnya mengenai cara pencetakan lembar kerja excel yang dapat saya bagikan.Semoga bermanfaat. Syalom.
No comments:
Post a Comment