Follow Me

Instagram

PERENCANAAN BANGUNAN PELINDUNG PANTAI DARI KERUSAKAN

Kali ini kita akan membahas sedikitnya mengenai PERENCANAAN BANGUNAN PELINDUNG PANTAI DARI KERUSAKAN. Bagian ini sangat penting dalam dunia teknik sipil, selain itu saya rasa bangunan pelindung pantai ini sangat perlu dilketahui oleh masyarakat kita secara umum. Mengapa demikian? Karena itu penting bagi pengetahuan kita utuk menjaga pantai kita dari erosi atau abrasi serta kerusakan pantai lainnya khususnya bagi masyarakat yang tinggal di area sekitar pantai atau pesisir tanah air kita ini. Bayangkan jika tidak ada pelindung pantai, kemudian erosi  dan abrasi terjadi terus menerus, bisa habis pulau kita dalam beberapa Tahun kedepan. Untuk itu, sekarang saya akan menjelaskan sedikitnya mengenai pantai dan bangunan pelundung pantai. Selamat membaca!

                      A.    Definisi Pantai

        Ada dua istilah tentang kepantaian dalam bahasa Indonesia sering rancu pemakaiannya, yaitu pesisir (coast) dan pantai (shore). Pesisir adalah daerah darat tepi  laut yang mendapat pengaruh laut seperti pasang surut, angin laut. Sedangkan pantai adalah daerah di tepi perairan yang dipengharui oleh air pasang tertinggi dan air surut terendah. Daerah daratan adalah daerah yang terletak di atas dan di bawah permukaan daratan dimulai batas garis pasang tertinggi. Daerah lautan adalah daerah yang teletak di atas dan di bawah permukaan laut di mulai dari sisi laut pada garis terendah, termasuk dasar laut dan bagian bumi di bawahnya.

Kerusakan Pantai

     Permasalahan pantai ini dapat dijelaskan sebagai berikut :

a.          Erosi

         Erosi partai adalaha proses mundurnya pantai dari kedudukan semula yang antara lain disebabkan oleh tidak adanya keseimbangan antara pasokan dan kapasitas angkutan sedimen. Perubahan morfologi pantai jenis ini biasa terjadi pada pantai landai (berpasir, atau berlumpur). Erosi pantai ini menyebabkan mundurnya garis pantai dan merusak berbagai fasilitas yang ada di daerah tersebut.

b.         Abrasi

          Abrasi adalah proses erosi diikuti longsoran (runtuhan) pada material yang masih pada tebing pantai antara lain tebing pantai dari batu, cadas atau karang. Abrasi antara lain disebabkan oleh daya tahan material yang menyusut karena cuaca (pelapukan) dan selanjutnya daya tahan tersebut dilampaui oleh kekuatan hidrolik (arus dan gelombang).

c.          Sedimentasi

       Sedimentasi adalah proses terjadinya pengendapan sedimen di muara sungai dan pelabuhan terdiri atas : proses penutupan muara dan proses pendangkalan pada muara sungai. Penutupan muara sungai terjadi tepat di mulut sungai pada pantai berpasir atau berlumpur, yaitu dengan terjadinya formasi ambang (bar) di muara. Proses ini biasanya disebabkan oleh debit sungai kecil, terutama di musim kemarau, sehingga tidak mampu membilas sedimen. Pendangkalan muara sungai dapat terjadi mulai dari muara ke hilir sampai pada suatu lokasi di sungai dimana pengaruh instrusi air laut (pasang surut dan kegaraman) masih ada. Sedimentasi ini dapat menyebabkan pendangkalan muara sungai, terjadinya daerah genangan, dan pada beberapa kasus timbul konflik kepemilikan lahan timbul tersebut.

d.         Intrusi Air Asin

     Intrusi Air Asin adalah masuknya air asin kearah darat. Instrusi air asin dapat melalui sungai atau saluran. Intrusi air asin melalui sungai ini antara lain disebabkan oleh debit sungai atau saluran yang kecil yang umumnya terjadi pada musim kemarau. Sedangkan intrusi air asin ke air tanah, disebabkan pengambilan air tanah dilakukan secara besar-besaran melebihi potensi air tanah dilakukan secara besar-besaran melebihi potensi air tanah yang tersedia.

e.          Pencemaran lingkungan oleh limbah

  Pencemaran lingkungan oleh limbah yang berasal dari daerah pemukiman/perkotaan ataupun dari kawasan industry. Pencemaran laut khususnya perairan pantai terjadi bila air laut tidak mampu lagi membersihkan dirinya sendiri dari bahan pencemar yang masuk. Adanya bahan pencemar yang berasal dari kegiatan yang dilakukan di perairan laut sendiri, limbah tambak dan limbah pestisida. Sedangkan pencemaran dari kegiatan di laut antara lain berasal dari pemboran minyak, tumpahan minyak dan limbah dari kapal-kapal.

f.          Kerusakan Hutan  Bakau.

     Hutan Bakau adalah hutan yang terdiri dari tumbuhan bakau yang umumnya tumbuh pada pantai-pantai berlumpur. Hutan bakau berfungsi sebagai tempat hidupnya biota laut, tempat pemijahan ikan-ikan kecil. Selain itu hutan bakau juga berfungsi sebagai pelindung pantai terhadap adanya bahaya gelombang badai (tsunami). Kerusakan pada hutan bakau antara lain akibat adanya gangguan manusia dengan kegiatan penebangan pohon bakau, akibat penurunan tanah dasar pantai dan akibat pencemaran laut.

g.         Kerusakan Terumbu Karang.

             Terumbu karang pada umumnya hidup pada perairan yang jernih dengan salinitas yang cukup tinggi. Dengan demikian karang tidak dapat hidup disekitar muara sungai yang keruh dan salinitas yang dipengaruhi oleh air tawar dari sungai. Kerusakan karang pantai antara lain akibat adanya pencemaran air laut (air laut tidak jernih lagi) dan gangguan langsung dari manusia akibat penggalian-penggalian karang yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bahan bangunan.

h.         Pemukiman kumuh yang tumbuh dan berkembang di daerah pantai.

               Adanya pemukiman kumuh yang berkembang di sekitar bantaran pantai menyebabkan tejadinya kerusakan pantai serta mengurangi keindahan dan fungsi pantai.

i.           Pemanfaatan sumber daya pantai yang berlebihan

             Pemanfaatan sumber daya pantai yang berlebihan dan masalah lain yang berpangkal dari belum adanya peraturan dan undang-undang yang mengatur masalah pantai secara nasional.

Gaya-gaya penyebab kerusakan Pantai

Gaya-gaya yang menyebabkan terjadinya erosi/kerusakan pantai berasal dari :

1.   Gelombang

    Gelombang merupakan faktor paling dominan dalam proses pantai. Gerakan osilasi partikel air berperan penting dalam transportasi sedimen pantai. Di zona pecah gelombang proses-proses pantai sangat dominan dan gelombang di zona ini menimbulkan arus sejajar pantai serta arus sirkulasi yang sangat berperan dalam perubahan garis pantai. Gelombang juga merupakan faktor utama penggerus pantai bagian belakang.

2.   Arus yang terbentuk dan dibangkitkan oleh gelombang panjang.

       Periode gelombang ini relative panjang (beberapa menit hingga beberapa jam) sehingga arus yang timbul cukup signifikan dalam angkutan sedimen pantai.

3.   Arus pasang surut

           Selain arus oleh ombak dan gelombang panjang, arus pasang surut juga sangat berperan dalam proses pantai.
Selain gaya luar yang melakukan proses transport sedimen tersebut di atas, faktor-faktor lain yang sangat berperan dalam proses pantai adalah proses pelapukan (baik karena cuaca/klimatologi maupun vegetasi) serta keadaan geologi seperti morfologi dan struktur bantuan, laju pelapukan, derajat sedimentasi, dan sebagainya.
Selain sebab alami pada daerah pantai yang dikembangkan seringkali sebab erosi pantai adalah sebab buatan, dimana faktor manusia lebih dominan. Sebab buatan antara lain karena :

  1. Pengaruh adanya bangunan pantai yang menjorok ke laut,
  2. Penambahan material pantai dan sungai
  3. Pemindahan muara sungai
  4. Pencemaran perairan pantai (dapat mematikan karang, hutan)
  5. Pengaruh pembuatan waduk di hulu (angkutan sedimen berkurang)
Pada umumnya sebab-sebab kerusakan pantai merupakan gabungan dari beberapa faktor diatas. Agar penanganan masalah erosi pantai dapat dilakukan dengan baik, maka sebab-sebab tersebut harus diketahui secara lengkap.

                            B.      Pasang Surut

                   Pasang surut adalah fluktuasi muka air laut karena adanya gaya tarik benda-benda di langit, terutama matahari dan bulan terhadap massa air di bumi. Bumi berotasi sendiri dalam mengelilingi matahari dalam waktu 24 jam, sedangkan bulan berotasi sendiri dalam mengelilingi bumi pada saat yang bersamaan dalam waktu 24 jam 50 menit.selisih 50 menit ini menyebabkan besar gaya tarik bulan bergeser terlambat 50 menit dari tinggi air yang ditimbulkan oleh gaya tarik matahari.

            Elevasi Muka Air

              Pengetahuan pasang surut adalah penting di dalam perencanaan bangunan pantai dan pelabuhan. Elevasi muka air tertinggi (pasang) dan terendah (Surut ) sangat penting untuk merencanakan bangunan-bangunan pantai dan pelabuhan.

        Beberapa definisi elevasi muka air

Mengingat elevasi muka air laut selalu berubah setiap saat, maka diperlukan suatu elevasi yang ditetapkan berdasar data pasang surut, yang dapat digunakan sebagai pedoman di dalam perencanaan bangunan pantai dan pelabuhan. Beberapa elevasi tersebut adalah sebagai berikut :
                                                            Tebel 2.1. Elevasi Muka Air
Elevasi Muka Air
Keterangan
Highest Water Level (HWL)
Air tertingi pada saat pasang surut purnama atau bulan mati.
High Water Level (HWL)
Rata-rata muka air tinggi saat purnama
Mean High Water Level (MHWL)
Rata-rata dari muka air tinggi selama periode selama periode 19 tahun
Mean Sea Level (MSL)
Muka air rerata antara muka air tinggi rerata dan muka air rendah rerata
Mean Low Water Level (MLWL)
Rerata dari muka air rendah selama 19 tahun
Low Water Level  (LWL)
Rata-rata muka air rendah saat purnama
Lowest Low Water Level  (LLWL)
Air terendah pada saat pasang surut purnama atau bulan mati

          C.      Bangunan Pelindung Pantai

Bangunan pelindung pantai digunakan untuk melindungi pantai terhadap kerusakan karena serangan gelombang dan arus, ada beberapa cara yang digunakan untuk melindungi pantai, yaitu :

  1. Memperkuat/melindungi pantai agar mampu menahan serangan gelombang
  2. Mengubah laju transport sedimen sepanjang pantai,
  3. Mengurangi energi gelombang yang sampai ke pantai
  4. Reklamasi dengan menambah suplai sedimen ke pantai atau dengan cara lain.
  5. Meninggikan muka tanah pantai
  6. Mengadakan penghijauan pada daerah pantai
  7. Penerapan Produk Hukum

Sesuai dengan fungsinya seperti tersebut di atas, bangunan pantai dapat diklasifikasikan dalam tiga kelompok yaitu :

 

1.      Konstruksi yang dibangun  di pantai dan sejajar dengan garis pantai.

a.       Seawall/Revetment/Talud

Seawall adalah struktur yang lebih masif karena resistensinya terhadap seluruh gaya lingkungan yang ada termasuk gaya gelombang. Revetment yang dibangun pada garis pantai atau di daratan yang digunakan untuk melindungi pantai langsung dari serangan gelombang. Daerah yang dilindungi tepat dibelakang bangunan. Penggunaan seawall dimaksud untuk memperkuat tepi pantai agar tidak terjadi pengikisan pantai akibat gempuran gelombang. Tetapi bila dinding penahan tidak direncanakan dengan baik, dapat mengakibatkan kerusakan yang terjadi berlangsung relative cepat. Karena itu pada bagian asar perlu dirancang suatu struktur pelindung erosi yang cukup baik.  Dibawah ini ada beberapa gambar tipe Revetment.



Gambar 2.1.  Beberapa Bentuk Seawall/revetment/Talud Pantai

  

Gambar 2.2.  Beberapa Bentuk Seawall/revetment/Talud Pantai

 

2. Konstruksi yang dibangun kira-kira tegak lurus pantai dan sambung ke    pantai

a. Groin

Groin adalah bangunan pelindung pantai yang biasanya di buat tegak lurus garis pantai, dan berfungsi untuk menahan trasnpor sediment sepanjang pantai, sehingga bisa mengurangi/menghentikan erosi yang terjadi. Bangunan ini juga bisa digunakan untuk menahan masuknya transport sediment sepanjang pantai ke pelabuhan atau muara sungai.

Gambar 2.3. Groin tunggal dan perubahan garis pantai yang ditimbulkan

b. Jetty

Jetty adalah bangunan tegak lurus pantai yang diletakkan pada kedua sisi muara suangai yang berfungsi untuk mengurangi pendangkalan alur oleh sedimen pantai. Pada penggunaan muara sungai sebagai alur pelayaran, pengendapan di muara dapat menganggu lalui lintas kapal. Untuk keperluan tersebut jetty harus panjang sampai ujungnya berada diluar gelombang pecah. Dengan jetty panjang transpor sedimen sepanjang pantai dapat bertahan, dan pada alur pelayaran kondisi gelombang tidak pecah sehingga memuungkinkan kapal masuk ke muara sungai. 

Gambar 2.4. Beberapa tipe jetty

3. konstruksi yang dibangun di lepas pantai dan kira-kira sejajar dengan garis pantai.

a.      Pemecah gelombang ( Breakwater )

Pemecah gelombang adalah bangunan yang dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai. Bangunan ini direncanakan untuk melindungi pantai yang terletak di belakang dair serangan gelombang tergantung pada panjang pantai yang dilindungi, pemecahan gelombang lapas pantai dapat di buat dari satu pemecah gelombang atau suatu seri bangunan yang terdiri dari beberapa ruas pemecah gelombang  yang dipisahkan oleh celah.

b.      Penambahan Suplai Pasir di Pantai

Perlindungan erosi denghan suplai sedimen biasanya dilakukan pada pantai berpasir. Penambahan suplai dapat dilakukan dengan ”beach Nourisment” yaitu dengan menambahkan suplai sedimen dari darat atau dari tempat lain pada tempat potensial akan tererosi. Penambahan dan pemberian pasir ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan dari laut maupun dari darat, tergantuk ketersediaan material dan kemudahan transportasi. Cara ini sesungguhnya merupakan cara yang cukup baik dan tidak memberikan dampak negatif pada daerah lain namun perlu dilakukan secara kontinyu (terus-menerus).

                       4.      Macam-macam Dinding Penahan Tanah

Macam-macam dinding digolongkan menurut bahan yang digunakan untuk bentuk bangunannya.

1.            Dinding Penahan Tanah Pasang Batu

Dinding penahan tanah type ini digunakan terutama untuk mencegah terjadinya keruntuhan tanah, dan lebih lanjut lagi digunakan apabila tanah asli dibelakang dinding dan tekanan tanah dianggap kecil.
Dinding penahan ini digunakan luas sebagai dinding penahan tanah rendah karena biaya pekerjaannya rendah dan pelaksanaan pekerjaannya mudah dilakukan, beberapa type dinding penahan dengan pasangan batu :

  • Dinding penahan type gravitasi.
Dinding penahan tytpe ini memperoleh ketahanan terhadap tekanan tanah dengan beratnya sendiri. Karena bentuknya yang sederhana dan pelaksanaan yang mudah, jenis ini sering digunakan apabila dibutuhkan konstruksi penahan yang tidak terlalu tinggi atau tanah pondasi yang cukup baik.

  • Dinding penahan type semi gravitasi
Sama halnya dengan type gravitasi yaitu dengan mendapatkan kemantapan dengan beratnya sendiri tetapi dalam jenis ini batang tulangan disuusun karena adanya tegangan tarik pada dinding dan ini digunakan seperi type gravitasi yang besar dan kebutuhannya sesuai dengan yang diperlukan.

  • Dinding penahan type sandaran.
Type sandaran juga termasuk dalam kategori dinding penahan type gravitasi tetapi cukup berbeda dalam fungsinya. Dinding penahan dengan sandaran berbeda dalam kondisi kemantapan dan direncanakan supaya keseimbangan tetap terjaga dengan keseimbangan berat sendiri badan dinding dan tekanan tanah pada permukaan  bagian belakang atau dengan kata lain dengan dorongan dari kedua gaya tersebut. Akibatnya adalah jika tanah  bagian belakang hilang maka akan mengakibatkan dinding tersebut terguling. Karena alasan tersebut maka volume beton harus sedikit dan akibatnya dinding menjadi ekonomis dan dapat dipakai dalam jangkauan yang luas, tetapi tidak dapat digunakan apabila tanah pondasi ada dalam bahaya penurunan type ini adalah memerlukan ruang yang sedikit sehingga dalam pelaksanaanya tidak mengganggu lalulintas.

2.            Dinding penahan beton kantilever

Dinding penahan beton kantilever tersusun dari suatu dinding beton memanjang dan suatu pelat lantai masing-masing berlaku sebagai balok kantilever dan kemantapan dinding didapat dari berat badannya sendiri dan berat tanah diatas tumit pelat lantai. Dinding penahan jenis ini relatif  ekonomis dan juga mudah dilaksanakannya, maka dapat digunakan dalam jangkauan yang cukup luas.
        


Gambar 2.5. Macam-macam Dinding Penahan Tanah

Kriteria Dasar Dalam Perencanaan.

Dalam perencanaan dimensi suatu dinding penahan tanah tanah ada beberapa hal yang sangat mendasar yang harus diperhatikan :

1.            Beban yang dipakai untuk perencanaan.

Beban yang terutama dipakai dalam perencanaan adalah sebagai berikut:
a.    Berat sendiri dinding penahan. Berat sendiri dinding yang digunakan dalam perhitungan stabilitas adalah berat dinding penahan itu sendiri dan berat tanah dibelakang dinding penahan tersebut.
b.   Tekanan tanah. Tekanan tanah ditentukan sesuai yang telah diuraikan sebelumnya.
c.    Beban lain. Beban lainnya seperi jalan dan tekanan air bila di sebutkan.

2. Perhitungan Kestabilan Dinding Penahan Tanah :

a.    Kestabilan terhadap guling (SF)
         Sturktur tembol laut atau dinding penahan tanah harus stabilitas terhadap penggulingan, dimana sebuah struktur tembok laut harus stabil (tidak terguling) dalam menahan tekanan tanah aktif (Pa)

b.   Kestabilan terhadap geser.
Sebuah struktur tembok laut/dinding penahan tanah tidak boleh bergeser dari posisi semula akibat dorongan tanah aktif. Pada perencanaan ini, stabilitas struktur tembok laut / dinding penahan tanah terhadap pergeseran (displacement) 

Oke sobat, saya rasa demikian pembahasan saya mengenai PERENCANAAN BANGUNAN PELINDUNG PANTAI DARI KERUSAKAN. Semoga bermanfaat. Silahkan kunjungi artikel-artikel yang lainnya di blog ini. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment