Follow Me

Instagram

CARA MENGHITUNG LUAS BERSIH PENAMPANG LINTANG PELAT BAJA YANG BERLUBANG BAUT

Cara Menghitung Luas Bersih Penampang Lintang Pelat Baja Yang Berlubang Baut.

Dalam dunia teknik sipil elemen struktur baja sangat penting di era yang semakin canggih ini. Itu karena sebagian besar bangunan sipil sekarang menggunakan struktur rangka dari baja. Penggunaan struktur baja ini tidaklah asal-asalan, karena bagi seorang engineer, membangun itu harus menjamin banyak jiwa. Berbicara mengenai stuktur baja dan jiwa manusia, pasti kita bertanya entah secara langsung atau pun  dalam hati ”Apa hubungannya?” Jawabannya adalah satu kesalahan kecil saja dalam sebuah struktur baja akan sangat mempengaruhi keamanan bangunan tersebut, artinya kita membahayakan jiwa semua orang yang mengunakannya.
Berhubungan dengan kesalahan dalam struktur baja akan banyak faktor yang mempengaruhi. Entah salah pada rencananya, pengerjaannya, penempatanya dan lain-lain. Tetapi kita akan lebih banyak menempatkan kesalahan pada perencana dan pengerjaannya. Khusus untuk perencana yaitu sering salah dalam menganalisa penggunaan baja struktur tersebut. Salah satu contoh kecil yang sering terjadi adalah masalah luas penampang lintang dan pembuatan lubang baut. Jika seorang perencana membuat lubang baut tanpa memperhitungkan luas penampang lintang pelat bajanya, maka itu adalah kesalahan besar. Bagaimana tidak, keretakan paling fatal akibat gaya tarik batang akan terjadi di area lubang baut. Inilah yang akan menjadi target utama kita, yaitu bagaimana cara menghitung luas bersih penampang lintang pelat baja pada lubang baut tersebut agar bisa kita jamin keamanannya.

Contoh Soal Cara Menghitung Luas Bersih Penampang Lintang Pelat Baja Yang Berlubang Baut

Berikut saya akan berikan contoh sederhana cara menghitung luas penampang bersih penampang lintang pelat baja yang berlubang baut.
Ini adalah contoh soal dengan pelat baja biasa dengan satu lubang baut.

Soal:

Gambar

Perhatikan gambar berikut:
Contoh pelat baja sederhana dengan satu lubang baut
Pada gambar tesebut terdapat sebuah pelat baja dengan penampang lintang berukuran 100 x 9 mm dengan sebuah lubang di tengahnya. Jika baut yang digunakan adalah baut dengan diameter 22 mm.
Hitunglah berapa luas bersih An untuk batang !

Penyelesaian:

Cara biasa

Luas kotor (Bruto) penampang lintang:
Ag = 100 x 9 = 900 mm2
Diameter Lubang:
 d = 22 + 2 = 24 mm
Setelah kita mendapatkan nilai Ag dan d maka luas bersih sudah bisa kita hitung, seperti berikut:
Luas bersih:
An = Ag – (d x t) = 900 – ( 24 x 9) = 684 mm2
Jadi luas bersih luas penampang lintang pelat jika ada lubang baut adalah 684 mm2

Cara Standar SNI 03-1729-2002

Menggunakan cara di atas akan mendapatkan hasil biasanya yang lebih teliti, namun kita juga bisa menggunakan cara yang telah di tetapkan dalam Syarat SNI 03-1729-2002 sebagai berikut:
An = 0,85 x Ag = 0,85 x 900 = 765 mm2
Maka kita peroleh:
An < 0,85 Ag
Jadi nilai yang kita gunakan adalah nilai yang terkecil. Jadi luas penampang lintang bersih adalah:
An= 684 mm2

Jadi seperti itulah cara menghitung luas bersih penampang lintang pelat baja yang memiliki lubang baut. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

No comments:

Post a Comment