Follow Me

Instagram

PENGERTIAN DAN JENIS ASPAL

Pengertian Aspal

Pengertian umum Aspal adalah material berwarna hitam atau coklat tua, pada temperatur ruang berbentuk padat sampai agak padat, yang terbuat dari komposisi Carbon, Hidrogen, Oksigen dan Nitrogen.

1. Komposisi aspal 

Komposisi aspal secara kimiawi  ditentukan oleh komposisi molekulnya  yang berbeda-beda sesuai dengan  sumber minyak bumi.  Proses pembentukannya  akan mempengaruhi kecepatan pengikatan terhadap material lainnya.

2. Bahan dasar utama aspal

Bahan dasar utama aspal yaitu  hidrokarbon atau biasa disebut bitumen yang terjadi dari gabungan beberapa mineral berbentuk  padat atau semi padat. Aspal yang umum digunakan saat ini terutama berasal dari salah satu hasil proses destilasi minyak bumi dan disamping itu mulai banyak pula dipergunakan aspal alam yang berasal dari pulau buton. Aspal minyak yang akan digunakan dalam penelitian ini merupakan proses hasil residu dari destilasi minyak bumi seperti bensin (gasoline), minyak tanah (kerosene), solar (minyak diesel). Hidrokarbon sebagai pembentuk aspal dapat larut dan berubah kadarnya  bila dilarutkan dalam  Carbondisulfida  (CS2)  yang memberikan sifat adhesi pada aspal. Komposisi dari aspal terdiri dari asphaltenes dan malthenes:

  Aspalthenes

Aspalthenes Merupakan material berwarna hitam  dan coklat  tua yang tidak larut dalam  Heptana . Merupakan senyawa Heterosiklis  yang mengandung senyawa oksigen ,  nitrogen, dan belerang.

  Maltenes

Maltenes larut dalam heptane, yang merupakan cairan kental yang terdiri dari resins dan oils. Resins yaitu cairan berwarna kuning atau coklat tua yang memberikan sifat adhesi dari aspal, merupakan bagian yang mudah hhilang atauberkurang selama masa pelayanan jalan. Sedangkan oils berwarna lebih muda merupakan media dari asphaltenes dan resinn-aromat. Proporsi dari aspalthenes, resin, oils  berbeda-beda tergantung dari banyaknya faktor seperti kemungkinan beroksidasi, proses pembuatannya dan ketebalan lapisan aspal dalam campuran.

Jenis Aspal

            Jenis Aspal berdasarkan cara diperolehnya aspal dapat dibedakan atas :

a.       Aspal Buatan

Aspal Minyak

Aspal Minyak adalah aspal yang berasal dari hasil penyulingan minyak bumi dapat di bedakan atas:

  • Aspal Keras/panas ( asphalt Cement, AC)
Aspal jenis ini digunakan dalam keadaan cair dan panas yang berbentuk padat  pada temperatur ruang  (25-30) derajat  celcius dimana untuk pemanfaatannya  dibutuhkan pemanasan dengan suhu yang tertentu . Pengelompokan aspal ini didasarkan atas  tingkat penetrasinya.

Syarat-syarat umum aspal cement adalah  :
a)      Berasal dari destilasi minyak bumi
b)      Mempunyai sifat yang homogen.
c)      Kadar Parafin kurang dari 2%
d)      Tidak mengandung air dan tidak berbusa  jika dipanaskan sampai suhu 1750  C


  • Aspal cair (Cut back asphalt)
Aspal cair adalah campuran antar aspal semen dengan bahan pencair dari hasil penyulingan minyak bumi. Sehingga aspal ini berbentuk cair dalam temperatur ruang.ini. Berdasarkan bahan pencairnya dan kemudahan menguap bahan pelarutnya , aspal cair terbagi atas:

  1. Rapid Curing (RC) aspal cair yang mudah larut dengan bahan pelarut premium. Jenis ini paling cepat menguap.
  2. Medium Curing (MC) merupakan aspal yang dilarutkan dengan bahan pencair yang lebih kental seperti kerosen.
  3. Slow Curing (SC) merupakan aspal yang dilarutkan dengan bahan pencair yang lebih kental seperti solar. Jenis aspal ini adalah jenis aspal yang paling lama menguap.


  •  Aspal Emulsi
Jenis Aspal ini merupakan aspal hasil pencampuran antara aspal keras, air dan bahan pengemulsi. Dimana pada suhu normal dan tekanan atmosfir berbentuk cair. Berdasarkan kecepatan pengerasnya aspal emulsi dapat dibedakan atas :

  1. Rapid Setting (RS), aspal yang mengandung sedikit bahan pengemulsi sehingga pengikatan yang terjadi cepat.
  2.  Medium Setting (MS)
  3. Slow Setting (SS), aspal yang paling lambat menguap.

  • Tar
Tar adalah aspal yang diperoleh dari hasil penyulingan batu bara. (Jarang di gunakan karena cepat mengeras, peka terhadap perubahan temperatur dan mengandung racun.

b.      Aspal Alam

Aspal alam adalah aspal yang ditemukan atau diperoleh langsung dari alamBahan dasar aspal ( Aspaltic base crude oils )

1.      Aspal Gunung

Jenis aspal ini adalah aspal yang berasal dari batu batuan contohnya aspal dari pulau Buton (aspal buton). Aspal ini merupakan campuran antara bitumen dengan bahan mineral. Karena aspal buton merupakan bahan alam maka kadar bitumen yang dikandungnya sangat bervariasi seperti B10, B13, B20, B25 dan B30

2.      Aspal Danau

Aspal Danau adalah jenis aspal yang diperoleh langsung dari alam tanpa proses penambangan karena dengan sendirinya muncul dipermukaan bumi kemudian terkumpul disebuah tempat yang sering disebut danau aspal, contoh aspalnya seperti dari Bermudez Trinidad.



WEB HOSTING - PASANG IKLAN
Kira-kira seperti itulah pengetahuan saya mengenai pengertian dan jenis-jenis aspal. Ini merupakan salah satu pengetahuan dasar dalam dunia teknik sipil, utamanya pada bangunan transportasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, Syalom, Terimakasih.

1 comment: