Follow Me

Instagram

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

    ·          MANUSIA MENJADI SENTRAL DI DALAM ETNOGRAFI

Di dalam etnografi yang menjadi pembahasan adalah mengenai deskripsi sukubangsa yang ada  atau menetap disuatu daerah tetentu serta menjelaskan adanya pola-pola yang khas tiap suku bangsa yang dapat dikomparaskan satu sama lain. Jika kita berbicara mengenai sukubangsa, tentunya kita akan membahas apa saja yang ada dan berkembang dalam sukubangsa tersebut. Sukubangsa merupakan suatu jenis manusia yang mengalami perkembangan dengan ciri-ciri tertetu. Jadi, salah satu yang menjadi pokok dalam etnografi yaitu membahas mengenai manusia.

Manusia merupakan salah satu dari jutaan jenis mahkluk hidup yang hidup di dunia ini. Namun dalam etnografi manusia menjadi pembahasan utama karena manusia memiliki keunggulan dari mahkluk lainnya karena manusia bisa mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat kompleks, diantaranya yaitu manusia bisa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, manusia juga adalah mahkluk hidup yang memiliki akal sehat yang membuat manusia mengetahui apa yang baik dan yang buruk atau kata lain manusia memiliki moral yang baik dari mahluk lainnya. Manusia juga memiliki keunggulan yang jauh lebih jauh, yaitu manusia mengenal kebudayaan.

Jika berbicara mengenai manusia dalam etnografi, yang dijelaskan lebih mendalam yaitu mengenai keanekaragaman manusia. Keanekaragaman manusia memberikan batasan kepada kita untuk bisa membedakan bermacam-macam bentuk dan ciri manusia, sehingga kita dapat mengklasifikaikan jenis dan bentuk manusia tertentu. Dari itu maka kita dengan mudah bisa mempelajari perkembangan jenis manusia tertentu baik itu bentuk maupupun ciri-ciri khusus yang ada pada manusia tersebut. Selain itu kita juga dapat mempelajari bagaimana perkembangan ciri dan  bentuk manusia tersebut dari awalnya sehingga menjadi seperti yang ada pada tingkat yang lebih kompleks sekarang ini. Jadi, dengan demikian setiap sukubangsa dapat kita ketahui bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu.

Dalam etnografi selain ciri manusia yang menjadi perhatian yang dipelajari yaitu tingkat pengetahuan atau perkembangan ilmu dalam setiap sukubangsa. Pengetahuan menunjukan bagaimana cara manusia tersebut menggunakan apa yang diketahuinya baik itu akal ataupun daya pikir manusia tersebut dalam berinteraksi dalam lingkungan dengan sesamanya serta beradaptasi dengan alam sekitarnya. Interaksi dengan sesamanya menjelaskan bagaimana tingkat kemampuan manusia itu dalam menggunakan akal budinya dalam menjalin hubungan yang baik dengan sesamanya. Sementara adaptasi dengan alam sekitar menunjukan bagaimana manusia tersebut menggunakan pengetahuannya dalam mengembangkan peralatan yang digunakan dalam mempertahankan hidup. Pengetahuan setiap manusia juga menjelaskan bagaimana cara mencari kebutuhan hidupnya dan juga bagaimana mereka mendiami suatu daerah tertentu untuk tempat tinggal mereka. Perkembangan ilmu pengetahuan dari manusia dari masa ke masa menjelaskan kepada kita mengenai perkembangan suatu jenis manusia tertentu sehingga memudahkan bagi kita untuk membedakan atau mengklasifikasikan jenis manusia tertentu.dari pengklasifikasian yang telah ditentukan itu, maka dengan demikian dengan mudah menentukan bahwa jenis manusia tersebut termasuk kedalam sukubangsa menurut perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang digunakannya.

Membahas mengenai manusia juga akan membawa perhatian kita terhadap bentuk-bentuk atau struktur dalam masyarakat manusia tersebut. Berbicara mengenai strukrur manusia dalam perkembangannya tentu pada awalnya dimulai dari srtuktur yang paling sederhana kemudian berkembang menjadi yang lebih kompleks. Struktur tersebut juga dimulai dari struktur yang paling kecil di dalam manusia misalnya paling dekat mengenai struktur dalam keluarga. Misalnya, ada ayah sebagai kepala keluarga, ibu sebagai pendamping serta anak-anak, itu tergantung dari sukubangsa bagaimana susunannya. Tapi yang akan dibahas yaitu tentang bagaimana struktur kemasarakatan yang dipakai oleh tiap jenis manusia di dalam bermasyasrakat. Seperti struktur masyarakat tradisional yang masih dipakai masyarakat sekarang, memberikan batasan kepada kita untuk membedakan setiap sukubangsa dengan meninjau jenis struktur kemasyarakatan yang diterapkan dalam bermasyarakat. Maka dari itu, kita bisa menjadikan bentuk struktur kemasyrakatan manusia tertentu untuk mengklasifikasikannya ke dalam jenis sukubangsa yakni sukubangsa menurut bentuk stuktur kepemimpinan yang diterapkannya.

Dari beberapa penjelasan tersebut, jelas bahwa manusia menjadi salah satu pembahasan yang sentral dalam etnografi. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa manusia menjadi sentral dalam etnografi karena manusia memiliki keunggulan dari makhluk hidup yang lainnya, yaitu manusia memiliki kebudayaan serta tingkat kemampuannnya lebih tinggi. Selain itu, yang menjadi alasan lain yaitu supaya dapat memberikan batasan kepada kita untuk bisa mengklasifikasikan tiap-tiap jenis manusia menjadi beberapa jenis sukubangsa serta bagaimana perkembangan tiap sukubangsa dari awal terbentuknya sampai perkembangan yang ada saat ini.


·         KEBUDAYAAN MENJADI SENTRAL DALAM ETNOGRAFI

Kebudayaan merupakan bentuk kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan suatu sukubangsa dalam bermasyarakat. Setiap suku bangsa pasti memiliki kebudayaan masing-masing dan pasti memiliki perbedaan dengan kebudayaan sukubangsa lainnya. Kebudayaan dalam sebuah sukubangsa menjadi ada karena adanya kebiasa-kebiasaan yang selalu dilakukan dalam perkembangan masyarakatnya. Kebiasaan tersebut kemudian diperkenalkan dari keturunan kepada keturunan berikutnya. Dalam perjalanan suku bangsa tersebut, kebiasaan tersebut terus dikembangkan dan diperkenalkan sehingga kemudian menjadi kebudayaan dalam suku bangsa tersebut.

Di dalam etnografi, kebudayaan manusia juga menjadi pembahasan yang sentral atau penting untuk dipelajari. Yaitu kita dapat mempelajari bagaimana awal suatu kebudayaan sukubangsaserta perubahan-perubahan yang terjadi sehingga kebudayaan itu berkembang dan menjadi kebudayaan yang lebih baik. Yang lebih penting lagi kita pelajari dari kebudayaan suatu sukubangsa yaitu untuk mengenali pola-pola kehidupan masyarakat tersebut dalam beraktifitas setiap harinya. Dari pola tersebut kita bisa menentukan bagaimana kesenjangan masyarakat sukubangsa tersebut dalam mengatur kehidupannya baik dari segi ekonomi, religi, kesenian serta teknologi. Ekonomi memberikan gambaran budaya tentang bagaimana cara mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup. Religi menghubungkan bagaimana budaya mereka dalam hal keyakinan dan kepercayaan. Sehingga dari budaya mereka bisa memberikan gambaran seperti apa bentuk kepercayaan suatu sukubangsa di setiap masa yang berkembang. Dari budaya juga kita bisa melihat bagaimana bentuk kesenian yeng bisa merika capai baik itu dari alat kerajinan mereka, adat istiadat, bentuk kesenian lainnya. Teknologi yang berkembang dalam suatu sukubangsa  juga dapat dilihat dari kebudayaan yang berkembang.

Kebudayaan juga tidak terlepas dari hubungan atau interaksi yang terjadi dalanm sebuah masyarakat. Interaksi antar individu maupun kelompok dalam masyarakat suatu sukubangsa juga mempelihatkan bagaimana bentuk kebudayaan suku bangsa tersebut. Jadi dalam etnografi, dari kebudayaan suatu sukubangsa, kita bisa mempelajari bagaimana perkembangan hubungan-hubungan yang terjadi dalam masyarakat dari awal sampai sekarang. Juga memperlihatkan seperti apa bentuk solidaritas yang mereka pakai sehingga bisa mengembangkan suku bangsa itu menjadi sebuah suku bangsa yang besar dengan memiliki bentuk yang cukup tertata dengan kebudayaan yang ada. Begitupun dengan hubungan antar masyarakat yang ditinjau dari bentuk pemerintahan atau kepemimpinan yang berkembang dalam masyrakat tertentu, semua itu dapat kita lihat dari kebudayaan sukubangsa tersebut. Dari kebudayaan bisa digambarkan bagaimana bentuk pemerintahan sukubangsa. Sukubangsa yang menganut sistem kerajaan memiliki kebudayaan yang berbeda dengan sukubangsa yang hanya bersistemkan suku atau yang dipimpin oleh kepala suku. Di sisi lain, setiap suku bangsa memiliki tatanan kebudayaan yang berbeda meskipun mendiami daerah dengan jark yang tidak begitu jauh. Tapi karena memiliki kepemimpinan yang berbeda sehingga nilai-nilai kebudayaan yang berkembang sangat berbeda. Contoh kecil dalam hukum yang berlaku pastinya berbeda.

Kebudayaan sukubangsa memiliki hubungan timbal balik dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu sukubangsa. Terkadang kebudayaan yang membawa perubahan, namun kadang pula perubahanlah yang menimbulkan suatu budaya baru, tapi itu tidak telepas karena adanya usaha mmanusia untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan. Setiap penemuan manusia yang baru mengakibatkan manusia terus meningkatkan kehidupan berbudaya yang lebih baik.Dari penjelasan tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa kebudayaan manusia juga merupakan hal yang utama dalam etnografi karena dari budaya yang berkembang kita dapat mempelajari bagaimana perkembangan dan perubahan serta apa yang terjadi dalam budaya dari masa ke masa suatu sukubangsa, sehingga mencapai sukubangsa yang ada pada saat ini.
Demikian sedikitnya pembehasan mengenai manusia dan kebudayaan dalam etnografi, khususnya etnografi papua. Terimakasih.


No comments:

Post a Comment