Follow Me

Instagram

CARA MENGHITUNG VOLUME PEKERJAAN PERSIAPAN UNTUK RENCANA ANGGARAN BIAYA.

Pada beberapa postingan sebelumnya, saya menampilkan beberapa contoh yang berhubungan dengan rencana anggaran biaya bangunan, salah satunya adalah contoh perhitungan volume pekerjaan. Akan sangat aneh jika kita melihat contoh tersebut, namun untuk menghitungnya saja kita tidak mengetahui secara mendalam. Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya mengenai cara menghitung volume sebuah pekerjaan. Dalam penghitungan volume ini kita lakukan secara bertahap sesuai dengan urutan dari tahapan pekerjaannya. Tahap pertama biasanya didahului dengan pekerjaan persiapan. Dalam Pekerjaan umumnya terdapat beberapa sub pekerjaan namun kali ini saya hanya akan menjelaskan tiga bagian saja yakni:

  1. Pekerjaan Pembersihan Lahan
  2. Pekerjaan Persiapan Air dan Listrik
  3. Pekerjaan Pemasangan BowPlank
Seperti pada tabel berikut:


NO
URAIAN PEKERJAAN
Panjang
Lebar
Tinggi
Luas/Volume/Jumlah
SATUAN
 I
 PEKERJAAN PERSIAPAN





     1
 Pembersihan Lahan
         6,5 
         6,5

                          42,25
 M2
     2
 Persiapan air dan listrik



                            1
 LS
     3
 Pemasangan Bowplank
          18


                          18
 M

Berikut saya akan Jelaskan setiap sub pekerjaan:
  • Pekerjaan Pembersihan Lahan
Untuk mencari Volume pekerjaan Pembersihan lahan yang kita hitung hanyalah luas area pembangunan. Dalam hal ini area bangunan ditambah 2 meter setiap sisi bangunan. Misalnya pada tabel di atas, kita dapatkan luas = 42 persegi. Mengapa demikian? Sesuai rencana bangunan hanya berukuran 2,5 x 2,5 meter, jadi yang di hitung dalam pembersihan lahan yaitu masing-masing sisi ditambahkan dua meter berarti hitungannya = 2+2,5+2 meter = 6,5 meter. Sehinga luas pembersihan menjadi 6,5 x 6,5 = 42 meter persegi.
  • Pekerjaan Persiapan Air & Listrik
Pekerjaan Persiapan Air dan Listrik merupakan bagian pekerjaan yang sangat penting. Coba bayangkan jika kita akan melakukan pembangunan di suatu tempat, namun Air dan listriknya tidak tersedia, pasti yang ada pekerjaan tida lancar bahkan bisa-bisa pekerjaan jadi batal. Oke, Langsung saja yah. Untuk menghitung volume persiapan Air dan Listrik biasanya hanya menggunakan perhitungan secara keseluruhan. Namun jika ingin merincinya, maka kita menghitung satu per satu keperluan pesiapan ini dan tentunya Persiapan Air terpisah dengan Persiapan Listrik. Akan tetapi perincian seperti itu kita lakukan jika perhitungan mengacuh kepada suatu proyek yang lebelnya menengah ke atas.
  • Pekerjaan Pemasangan Bowplank
Istilah Bowplank mungkin sedikit asing bagi masyarakat umum bahkan bagi para tukang sendiri terkadang istilah ini tidak digunakan. Bowplank merupakan suatu bagian yang di pasang mengintari area bangunan yang akan dikerjakan yang umumnya berjarak 1 meter di luar rencana pondasi dengan tinggi tidak lebih dari 1 meter. Bahan Bowplank sendiri umumnya menggunakan papan dan balok. Jadi jika anda pernah berkunjung ke lokasi pembangunan yang baru awal, kemudian anda melihat balok kayu berdiri bertempelkan papan maka itulah yang kita namakan Bowplank. Jika sudah mengerti apa itu bowplank, sekarang kita lihat cara perhitungan volumenya. Volume bowplank kita hitung dalam satuan panjang saja karena hanya ditentukan oleh keliling yang saya sudah sebutkan tadi yaitu; misalnya bangunan rencana 2,5 X 2,5 maka bowplanknya setiap sisi kita hitung; 1+2,5+1=4,5 sehingga volume Bowplank keseluruhan 4,5+4,5+4,5+4,5=18 atau 4,5 X 4 =18. Mengapa perhitungannya demikian? hal itu karena bentuk bangunan persegi jika bangunan tidak beraturan maka gunakan perhitungan a+b+c+...+ seterusnya sesuai jumlah sisi. Di mana a,b,c,...adalah ukuran bowplank setiap sisi bangunan.

Demikianlah penjelasan saya mengenai Perhitungan Volume Pekerjaan persiapan Untuk Rencana Anggaran Biaya Bangunan. Semoga bermanfaat. Syalom.
Lihat juga:


1 comment:

  1. Jika anda sedang membutuhkan jasa rancang bangun baru/ renovasi rumah gudang pabrik Kantor ruko villa gazebo dll silahkan hubungi Bpk Asep Firman 081281774186 atau 085793333234
    Melayani pekerjaan renovasi dan bangunan baru di Sukabumi Cianjur dan Bogor.
    Terimakasih...

    ReplyDelete