Follow Me

Instagram

PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS GERAK

Pengertian Gerak


Gerak adalah perubahan letak suatu benda atau sistem terhadap waktu yang diukur oleh pengamat tertentu dalam kerangka acuan tertentu. Pada dasarnya semua benda dapat dikatakan terganting titik acuan pengamat. Oleh sebab itu, gerak bersifat relatif sedangkan gerak mutlaktidak memiliki arti. Jika kita berada di bumi, maka kerangka acuannya adalah bumi.
Jenis-Jenis Gerak
Berdasarkan bentuk lintasan yang ditempuh, gerak dapat dibedakan menjadi tiga jenis gerakan yaitu: 
  •  Gerak lurus adalah gerak yang memiliki lintasan berupa garis lurus.Contohnya: Sebuah mobil yang bergerak di jalan rata yang lurus.
  • Gerak melingkar adalah gerak yang memiliki lintasan berupa lingkaran. Contohnya: Gerakan mobil balap yang melintasi tikungan.
  • Gerak Parabola adalah gerak yang memiliki lintasan menyerupai parabola. Contohnya: gerakan bola yang di;lempar keatas dengan sudut kemiringan kurang dari 90˚.

Hubungan-Hubungan Gerak

Ada beberapa hal yang berhubungan dengan gerak yang perlu kita ketahui sebagai berikut.

A.      Jarak dan Perpindahan.

Secara umum kita ketahui bahwa jarak adalah ukuran dari suatu titik ke titik tertentu yang dinyatakan dalam satuan panjang. Misalnya, jarak dari kota A ke kota B adalah 1 kilometer. Tapi jika kita bicara mengenai jarak dengan hubungannya dengan gerak maka jarak adalah panjang lintasan yang di tempuh benda yang bergerak. Perpindahan adalah perubahan letak suatu benda atau sistem dengan meperhatikan arah, posisi awal dan posisi akhir benda tersebut. Dalam mempelajari gerak dalam analisis, hal yang harus dipahami terlebih dahulu yaitu vektor posisi. Vektor posisi adalah suatu vektor yang menyatakan posisi atau titik pada suatu bidang atau ruang. Vektor posisi suatu tempat dapat dinyatakan dengan vektor-vektor satuannya.
vektor posisi A pada ruang dimensi tiga

Perhatikan gambar di samping! Suatu titik A yang terletak di dalam ruang dinyatakan dengan koordinat (x,y,z). Vektor posisi titik a terhadap pusat koordinat O di defenisikan sebagai vektor OA. Komponen vektor OA dalam ruang besarnya di tulis dengan persamaan:

Arah r terhadap bidang XY membentuk sudut α yang besarnya α = Z /rxy.

B.      Kecepatan rata-rata dan Kelajuan rata-rata

Dalam bahasa sehari-hari, banyak orang yang sering mencampuradukan antara istilah kecepatan dan kelajuan. Tetapi di dalam ilmu fisika kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Kelajuan adalah besatan yang tidak bergantung pada arah, sehingga kelajuan termasuk besaran skala. Sedangkan kecepatan adalah besaran yang bergantung pada arah, sehingga kecepatan lebih tepatnya termasuk ke dalam besaran vektor.
 Kecepatan rata-rata adalah perbandingan antara perpindahandengan selang waktu yang diperlukan.suatu benda (titik) dikatakan bergerak apabila vektor posisi pada acuan selalu berubah untuk setiap saatnya. Perhatikan gambar di samping! Sebuah partikel (titik) bergerak dari A ke B selama selang waktu ∆t detik. Perpindahan yang dialami AB = ∆r apabila vektor posisi A di  dan ketika sampai di B mempunyai vektor posisi   , maka dengan memperhatikan aturan  polygon vektor akan diperoleh kecepatan rata-rata (Vr  ) yaitu perpindahan persatuan waktu.


Jika dijabarkan dalam komponen-komponennya, besar vektor dapar dituliskan:







Maka vektor kecepatan rata-rata ditulis dengan persamaan berikut:
Keterangan :
V = vektor kecepatan rata-rata (m/s)
Vx = komponen kecepatan rata-rata pada sumbu X (m/s)
Vy = komponen kecepatan rata-rata pada sumbu Y (m/s)
Menentukan kelajuan dengan grafik x-t pada gerak dengan kecepatan konstan
















Pada dimensi tiga:










Pada dimensi tiga satu kecepatan rata-rata dapat dituliskan:









Keterangan :
∆x = perpindahan (m)
X1, Xo posisi akhir, posisi awal (m)
∆t = selang waktu (s)
 t1, to = waktu akhir, waktu awal (s)
Vrata-rata = Kecepatan rata-rata (m/s)
r =  vektor posisi partikel

kelajuan rata-rata adalah perbandingan antara jarak dan selang waktu yang diperlukan. Secara matematis kelajuan dapa ditulis:
 Keterangan:
x, s = jarak (m)
Kelajuanrata-rata =Kelajuan rata-rata (m/s)








Menentukan kelajuan dengan grafik x-t pada gerak dengan kecepatan berubah
















Demikianlah Informasi dasar yang dapat saya bagikan mengenai Pengertian dan Jenis-jenis gerak. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment