Follow Me

Instagram

KETERKAITAN ANTARA MATA PENCARIAN HIDUP, TEKNOLOGI DAN KEPERCAYAAN ETNIS PAPUA

UNIVERSITAS CENDERAWASIH
FAKULTAS TEKNIK
PROG. STUDI                      : TEKNIK SIPIL D 3
UJIAN UTAMA/ULANGAN SEMESTER GASAL/GENAP
TAHUN AKADEMIK         : 2013
MATA KULIAH                   : ETNOGRAFI PAPUA
TANGGAL                             : 09 Desember 2013
NAMA MHS/NIM               : Pengki Pasassa
NO DPNA                             : 027
TANDA TANGAN               :



Ø  SOAL
Jelaskan pemahaman saudara mengapa, aspek mata pencarian, teknologi dan kepercayaan etnis Papua saling tarkait satu sama lain!
Jawaban
Seperti kita ketahui bahwa mata pencarian hidup sebagian besar masayarakat etnik Papua berhubungan langsung dengan alam sekitar kita. Setiap kebutuhan yang mereka perlukan diambil langsung dari alam tanpa merusak alam sekitar mereka. Mereka melakukannya dengan sangat alami dan memperhatikan kebaikan alam itu juga. Dalam mencukupi kebutuhan mereka, berbagai kegiatan atau pekerjaan mereka lakukan. Tergantung letak dan keadaan alam daerah di mana mereka tempati. Ada yang menjadi pemburu, bercocok tanam, nelayan ada juga yang hanya mengambil tanpa mengusahakannya sedikitpun. Bagi mereka yang tinggal di sekitar pesisir pantai, tentunya mereka lebih cenderung menjadi nelayan dan sebagannyabercocok tanam dan berburu, sedangkan yang tinggal di daerah pegunungan kebanyakan bercocok tanam dan berburu serta adapula yang hanya mengambil dari alam saja. Jika dilihat dari mata pencarian hidup etnis di Papua, cara mereka ini terbilang cara yang masih klasik atau masih seperti pada masa perkembangan zaman dulu. Tapi apapun cara mereka, justru itulah cara yang tidak membuat kerusakan alam.
 Di lihat dari sisi kepercayaan lokal etnis Papua, hubungannya dengan mata pencarian mereka sangat erat kaitanya karena dalam melakukan pekerjaan atau memenuhi kebutuhan mereka, tidak lupa juga mereka mengutamakan dewa yang mereka percaya. Akan apa yang harus mereka lakukan sehingga tidak mengganggu dewa mereka. Mereka juga tahu akan apa yang tidak boleh dilakukan atau menjadi pantangan dari kepercayaan sehingga dapat dihindari dalam melakukan pekerjaan mereka dan mereka tidak mendapat musibah atau kutukan. Mereka tahu waktu kapan, tempat yang mana,teknologi apa dan siapa yang tepat untuk melakukan kegiatan pencarian hidup sehinngga mereka mendapatkan hasil dan tidak mendapatkan musibah. Misalnya kegiatan di laut waktu kapan mereka bisa mendapatkan ikan yang banyak tentunya mereka hubungkan dengan kepercayaan dengan melakukan ritual tertentu.
Jika dilihat dari kepercayaan umum yang dimana berperan agama besar sekarang misalnya kristen dan islam. Tentunya yang memeluk salah satu dari agama tersebut, mengolah atau menggunakan teknologi dalam memenuhi kebutuhan mereka sesuai dengan norma agama tersebut. Yang juga memperhatikan kesehimbangan alam di dalam mereka mengambil hasil dari alam, misalnya tidak tamak dalam mengambil hasil alam sehingga tidak tejadi kerusakan alam serta mencukupkan diri dari segala kebutuhan untuk tetap mendapatkan kelanjutan hidup kegenerasi beikutnya. Serta memperhatikan teknik-teknik yang tidak bertentangan dengan ajaran agama dan kepercayaan.
Mata pencarian hidup etnis di Papua memang kelihatannya sangat sederhana, namun sesederhana apapun cara mereka tentunya cara itu menggunakan teknologi yang sangat tinggi. Mereka bisa melakukan pekerjaan mereka setiap hari dengan sangat baik dan mereka mengerjakanya terus menerus dengan teknik yang mereka ketahui. Teknologi dalam masyarakat etnis papua juga sangat membantu pekerjaan mereka dengan teknologi yang mereka ketehui setiap hal pekerjaan dalam mata pencarian mereka akan menjadi lebih mudah. Tapi bagaimanapun setiap yang mereka kerjakan pastilah mengunakan teknik yanng mereka temukan sendiri yang sesuai dengan kebudayaan mereka.
Di sisi lain, teknologi yang mereka gunakan tentunya sangat alami dan tidak menyebabkan kerusakan alam melainkan sehimbang dengan keadaan alam sekitar. Mereka juga mengetahui batasan dalam menggunakan teknologi sehingga tepat guna dan tidak membawa dampak yang membahayakan alam dan diri sendiri. Selain teknik seperti cara pengguna alat mereka juga mengetahui teknologi dan pengetahuan tentang waktu yang tepat dalam melakukan kegiatan pencarian kehidupan sehingga  mereka bisa mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya ini mereka sesuaikan dengan kepercayaan yang mereka peluk. Kapan mereka akan melakukan pekerjaan tentunya di adakan ritual untuk mendapat petunjuk dari dewa mereka.

Jadi kesimpulan, mengapa mata pencarian hidup, teknologi dan kepercayaan etnis Papua saling terkait satu sama lain yaitu didalam mata pencarian hidup etnis Papua, mereka melakukan pekerjaan pencarian hidup dengan menggunakan teknologi yang cukup baik dan dengan menjaga kesehimbangan alam dan tidak mengganggu serta melanggar ajaran kepercayaan mereka sehingga terhindar dari murka Tuhan atau dewa yang mereka percaya dan mendapat berkat serta terhindar dari musibah yang tidak diinginkan. Selain itu dengan kepercayaan mereka juga dapat mengaplikasikan teknik yang tepat dan mata pencarian mereka pun terpenuhi dengan maksimal.

Demikianlah penjelasan dari saya mengenai Keterkaitan antara Aspek Mata Pencarian, Teknologi dan Kepercayaan Etnis Papua. Semoga bermanfaat. Syalom, Terimakasih.

No comments:

Post a Comment