Follow Me

Instagram

GAMBARAN METODE NUMERIK SECARA UMUM

Gambaran Umum

Ilmu metode numerik adalah teknik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dapat diformulasasikan secara matematis dengan menggunakan cara operasi hitungan (arithmetic). Berbagai jenis permasalahan yang kita temui dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dapat pula digambarkan di dalam bentuk persamaan matematik. Dan apabila persamaan tersebut memiliki bentuk yang sederhana, penyelesaiannya dapat dilakukan secara analitis. Tetapi umumnya kita temui bentuk persamaan sering sulit untuk diselesaikan dengan cara analitis, sehingga cara lain untuk menyelesaikan persamaan tersebut kita harus menggunakan penyelesaian secara numeris. Hasil dari penyelesaian secara numeric ini merupakan nilai yang diperkirakan atau yang yang mendekati hasil dari penyelesaian secara analitis atau dengan kata lain eksak. Oleh karena hanya merupakan pendekatan saja, maka pasti akan terdapat adanya kesalahan terhadap nilai eksak itu sendiri. Maka dari itu, nilai kesalahan yang dihasilkan haruslah cukup kecil terhadap tingkat kesalahan yang telah ditetapkan.

Proses Perhitungan

Di dalam metode numerik, terdapat ada beberapa bentuk proses hitungan atau alogaritma yan dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu tipe persamaan matematis. Biasanya hitungan numerik dapat dilakukan dengan menggunakan salah sati dari pada bentuk proses hitungan yang dianggap paling efisien yang hanya memerlukan waktu hitungan itu sendiri paling sedikit atau proses yang palung cepat. Dalam hitungan operasi numerik yang umum dilakukan dengan interasi dimana dilakukan dalam jumlah yang sangat banyak dan dilakukan secara berulang kali. Oleh sebab itu,sangat diperlukan bantuan hitungan komputer untuk dapat menyelesaikan operasi hitungan tersebut. Karena apabila tanpa bantuan komputer dalam menyelesaikan operasi hitungannya, metode numerik itu sendiri tidak akan memberikan banyak manfaat karena akan dilakukan dalam waktu yang relatif sangat lama.

Penerapan Metode Numerik

Metode numerik memang sudah cukup lama dikembangkan, akan tetapi pemakaian atau penggunaannya dalam menyelesaikan masalah yang ada di berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi belum begitu meluas. Hal ini disebabkan oleh karena pada masa pengembangannya tersebut alat bantu hitungan seperti komputer masih sangat jarang bahkan belum banyak digunakan secara meluas. Akan tetapi beberapa tahun terakhir ini, perkembangan kemampuan alat bantu hitung seperti komputer sangat mengalami kemajuan yang pesat bahkan harganya pun semakin murah dan semakin terjangkau, sehingga  penggunaan atau pemakaian metode numerik untuk menyelesaikan berbagai permasalahan berbagai bidang mengalami peningkatan yang juga sangat pesat mengikuti perkembangan komputer. Dan masa sekarang ini peningkatan metode numerik sangat berkembang pesat bahkan menjadi alat yang sangat ampuh untuk diandalkan untuk menjadi pembantu menyelesaikan permasalahan di berbagai bidang. Metode numerik juga sudah mampu menyelesaikan suatu sistem persamaan yang lebih besar, yang tidak linear dan sangat kompleks yang sangat tidak mungkin dapat diselesaikan secara analitis.

Penerapan Dalam Bidang Tertentu

Metode numerik adalah salah satu ilmu yang dikembangkan oleh para ahli matematika. Meskipun demikian, metode numerik bukan hanya milik para pakar matematika saja. Ilmu metode numerik ini merupakan milik semua ahli di berbagai bidang, seperti bidang teknik (utamanya teknik sipil, elektro, mesin, kimia dan lain sebagainya), kedokteran, ekonomi, sosial dan masih banyak bidang ilmu lainnya. Berbagai banyaknya masalah yang ada yang ada di dalam disiplin ilmu pengetahuan ilmu pengetahuan dapat digambarkan dalam bentuk operasi matematika dari berbagai fenomena yang berpengaruh. Salah satu contoh fenomena misalnya gerak air dan polutan di dalam saluran, sungai dan laut, aliran udara, perambatan panas, defleksi suatu pelat atau pun balok, proses penguraian dan fenomena lain sebagainya ini yang dapat digambarkan  dalam bentik proses perhitungan matematik.  Pada umumnya fenomena yang yang berpengaruh cukup banyak dan begitu sangat kompleksnya, sehingga untuk dapat menyederhanakannya, harus dilakukan beberapa anggapan sehingga hasilnya ada beberapa dari anggapan itu ada fenomena yang tidak atau kurang berpengaruh sehingga dapat diabaikan. Dari hasil itu, meskipun telah dilakukan penyederhanaan, namun masih sering saja persamaan yang yang dihasilkan tidak akan dapat diselesaikan secara analitis sesuai yang kita inginkan. Maka dari itulah, sangat diperlukan metode numerik untuk menyelesaikan persamaan tersebut.
Demikianlah sedikitnya info mengenai gambaran metode numerik secara umum. Thanks.

No comments:

Post a Comment