Follow Me

Instagram

CARA MENGUBAH NAMA BLOGSPOT MENJADI NAMA DOMAIN PRIBADI

Melihat tampilan dari blog saya ini sudah cukup mencerminkan bahwa saya bukanlah seorang blogger yang profesional. Tetapi apa pun itu saya tetaplah seorang penulis  yang akan menuliskan di blog apa yang saya ketahuidan saya ingin berbagi pengalaman dengan sesama blogger yang membutuhkan informasi dari tulisan saya. Sebenarnya jika dilihat dari Nama blog saya, apa yang akan saya tulis ini sedikit jauh dari target blog ini. Tetapi jika kita pelajari secara mendalam, ternyata blog ini masih berkaitan dengan tulisan ini. Blog saya adalah blog tentang ilmu dasar dan teknik, bukankah desain web juga merupakan suatu ilmu? Bukankah teknik IT juga teknik? Jadi bukanlah basa-basi jika saya menulis blog dengan judul seperti ini bukan? Mungkin tulisan saya ini akan berada di urutan yang sangat jauh di belakang, mengingat sudah begitu banyak yang menulis menyangkut tema tulisan ini. Tulisan saya kali ini adalah membahas tentang cara mengubah nama blogspot menjadi nama domain pribadi. Silahkan di baca berikut:

Cara Mengubah Nama Blogspot Menjadi Nama Domain Pribadi

CARA MENGUBAH NAMA BLOGSPOT MENJADI NAMA DOMAIN PRIBADI
Apakah anda seorang blogger atau penulis blog yang menggunakan nama domain blogspot yang berkeinginan mengubah nama domain blog anda menjadi nama domain pribadi? Misalnya, Anda memiliki blog dengan alamat nama-anda.blogspot.com maka anda bisa mengubahnya menjadi www.nama-anda.com. Selain .com masih banyak pilihan nama domain yang sangat bagus sesuai pilihan Anda, seperti .co.id, .id, .info, .net, .org, .or.id, .asia dan lain sebagainya, tinggal mana yang menurut Anda bagus dan menarik.  Seperti pengalaman saya, sebelumnya nama domain blog saya yang satu ini menggunakan blogspot.com dengan alamat dtexsil2013oke.blogspot.com tetapi setelah beberapa lama, saya pun menggantinya menjadi nama yang saya inginkan dan menjadi www.ilmudasardanteknik.com . Jika anda memiliki blog dari blogspot, Anda pun bisa mengubahnya menjadi seperti itu. Dan tentunya caranya sangat mudah, yang Anda lakukan hanyalah memesan nama domain dan memasangnya pada blog Anda.
Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan membagikan pengetahuan saya mengenai cara mengubah nama domain blogspot menjadi nama domain pribadi. Mengubah sebuah blog dari nama bawaan blogspot ke nama domain pribadi sangatlah mudah. Hanya melakukan beberapa langkah saja maka nama bawaan yang sebelumnya blogspot akan segera berganti menjadi nama domain pribadi Anda. Berikut langkah-langkah mengubah nama blogspot menjadi nama domain pribadi Anda.

Langkah Pertama: Cara Mengubah nama blogspot menjadi nama domain pribadi

Jika Anda ingin mengubah nama blogspot menjadi nama domain pribadi, tentunya anda harus memiliki nama domain pribadi terlebih dahulu bukan? Pada langkah yang pertama ini yang Anda lakukan adalah memesan nama domain pribadi Anda pada jasa penyedia web yang Anda bisa percaya. Tapi perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan nama domain anda harus membayarnya dengan harga yang bervariasi sesuai dengan domain pilihan Anda. Misalnya, domain .com akan berbeda harganya dengan domain .co.id begitupun dengan domain yang lainnya. Ada begitu banyak jasa penyedia web di Indonesia yang memberikan harga yang murah untuk beberapa nama domain tertentu dengan sistem pembayaran per bulan atau per tahun, tetapi saya menyarankan supaya memesan dengan sistem pembayaran pertahun. Jika anda yakin, Anda bisa langsung memesannya sekarang. PESAN DOMAIN.

Langkah Kedua: Cara Mengubah nama blogspot menjadi nama domain pribadi

Setelah Anda telah mendapatkan nama domain pribadi, langkah selanjutnya adalah Anda masuk ke kontrol panel pada situs web di mana Anda memesan domain tadi, kemudian tentukan DNS atau sistem nama domain. Dan supaya blog Anda dapat ditautkan ke nama domain pribadi Anda, anda harus memasukkan "CNAME" dan "A-records" Anda. Berikut Petunjuknya:

CNAME

Canonical Name atau yang disingkat CNAME adalah suatu jenis Sistem nama domain (DNS) yang menggunakan IP Address dari nama domain atau sub domain lain. Dalam CNAME Anda hanya perlu mengisi Nama dengan "www" dan mendaftarkannya ke ghs.google.com sebagai nama Inang atau Nama Induk. Apabila milik anda tidak terdaftar atau anda memiliki kendala atau kesulitan yang lainnya, saya sarankan agar Anda segera menghubungi pendaftar Anda untuk meminta bantuan.

A-records

A Records merupakan sebuah record hosting yang bertujuan dengan kegunaan untuk membuat alias yang nanti akan mengarahkan sebuah domain pilihan Anda ke sebuah IP server tertentu. Dalam mengisi A Record Anda,  yang harus Anda lakukan yaitu menautkan domain pokok Anda, misalnya nama-anda.com ke situs yang sesungguhnya yaitu www.nama-anda.com. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi tampilan laman galat akibat pengunjung situs anda tidak mengetik www pada nama domain Anda. Cara melakukannya adalah memasukkan domain anda dalam format nama-anda.com  kemudian masukkan IP Address yang ditampilkan di bawah bagian A. Anda Perlu membuat A-records terpisah yang mengarah ke empat IP Goggle yang berbeda.
Tentang A-Records
Seperti itulah sedikitnya tentang CNAME dan A-records.

Langkah Ketiga : Cara Mengubah nama blogspot menjadi nama domain pribadi

Setelah Anda memiliki nama domain pribadi dan telah melakukan pengaturan DNS barulah anda bisa melanjutkan langkah berikutnya yaitu melakukan pembaruan setelan di blogger Anda. Tapi sebelum itu membutuhkan waktu menunggu sekitar satu jam karena masih menjalani proses pengaktifan. Dan apabila Anda mengubah setelan sebelum DNS aktif, biasanya blogger akan memberikan pesan peringatan. Setelah DNS Anda aktif barulah pembaruan setelan dapat dilakukan untuk mengubah alamat blogspot menjadi nama domain pribadi anda. Ada pun caranya sebagai berikut:
1. Masuk ke akun blogger Anda
2. Pada tab menu Klik Tab Setelan
Cara Mengubah nama blogspot menjadi nama domain pribadi
3. Pada sub tab Setelan, pilihlah sub tab Dasar
Cara Mengubah nama blogspot menjadi nama domain pribadi
4. Kemudian akan terbuka seperti berikut:
Cara Mengubah nama blogspot menjadi nama domain pribadi
Kemudian pada Penerbitan, Pilihlah tab yang bertuliskan "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog"
5. Kemudian isilah dengan nama domain pribadi Anda, misalnya www.nama-anda.com
Cara Mengubah nama blogspot menjadi nama domain pribadi
6. Setelah itu pilih Simpan, jika DNS telah aktif maka blog anda akan berubah menjadi nama domain pribadi anda dan blog anda sudah bisa diakses melalui nama domain pribadi anda.
Jika nama domain pribadi anda tidak meneruskan ke blog anda, maka tunggu satu atau dua hari untuk memastikan bahwa semua server DNS yang anda masukkan telah diperbarui. Apa bila setelah itu masih belum meneruskan ke blog anda maka saya sarankan supaya Anda segera menghubungi pendaftar domain anda untuk memastikan bahwa setelan DNS telah anda masukan dengan benar. Tautan blogspot anda akan secara otomatis meneruskan ke nama domain Anda. Jadi, link atau bookmarks yang mengarah ke situs anda sebelumnya masih mengarah ke blog anda.

Seperti itulah cara mengubah nama blogspot sebuah blog ke nama domain pribadi yang saya ketahui. Ini bukan merupakan suatu tulisan belaka namun ini saya ketahui dari pengalaman mengubah nama blogspot dari blog milik saya menjadi nama domain yang saya pilih. Demikian, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Silahkan mencoba dan Good Luck. Terimakasih.

1 comment: