Follow Me

Instagram

PENGERTIAN DAN SEJARAH PENEMUAN KOMPUTER

1. PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengelolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Awalnya kata komputer dipergunukan untuk menggambarkan orang yang melakukan pekerjaan memnghitung aritmatika deengan atau tanpa alat bantu. Tetapi pada akhirnya kata komputer kemudian digunakan untuk mesin itu sendiri. Jika didefenisikan secara luas, komputer berarti suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang diihubunkan dengan komponen lain sehingga dapat bekerja secara bersama-sama untuk menghasilkan informasi berdasarkan data yang ada. Jadi dapat disimpulkan arti luas dari komputer adalah alat yang memproses infomasi atau sistem pengelolah infomasi.

2. SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Komputer pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuan matematika yang bernama Charles Babbage pada tahun 1822 yaitu menciptakan alat yang bisa melakukan perhitungan yang rumit. Dari alat inilah penemuan komputer dimulai. Kemudian pada tahun 1937, Dr. Jhon V Atanasoff dan Clifford Berry mendessain koputer digital elektronik pertama yang dikenal dengan nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). Tetapi alat tersebut hanya bisa meghitung tambah dan kurang saja. Selama perang dunia II tepatnya tahun 1943, seorang ilmuan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris yang digunakan untuk menembus kode petahanan Jerman. Tapi komputer tersebut hanya digunakan untuk kebutuhan perang saja. Tahun 1943 Selama Perang Dunia 2, ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman. Setahun setelah itu pada tahun 1944, Howard Hathaway Aiken membuat Mark I yaitu sebuah komputer hitung digital pertama dibuat. Komputer ini memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas. Pada tahun berikutnya (1945), Dr. John von Neumann menulis sebuah ide mengenai konsep penyimpanan data. Satu tahun kemudian, Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr menyelesaikan komputer skala besar yang pertama dan diberi nama ENIAC (Electronic Numerial Integrator And Computer). Kedua orang ini juga dikenal sebagai penumu komputer. ENIAC berbobot 30 ton yang terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki dan memakai tenaga sebesar 160.000watt. ENIAC tidak hanya menghitung tambah, kurang, kali dan bagi saja, tetapijuga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibandinng dengan Mark I yang hanya dapat menghitung sehingga dapat dilihat bahwa ENIAC adalah komputer yang pertama. Sejak tahun 1947 setelah William Shockley menemukan transistor, ukuran komputer semakin mengecil.


3. KOMPONEN UTAMA KOMPUTER
Ada tiga komponen utama pada komputer yang merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan yaitu:
a. Hardware (perangkat keras)
Hardware terdiri dari perangkat tertentu amempunyai tugas tertentu dalam membangun sebah sistem kerja komputer. Hardware pokok dari komputer adalah Monitor, keyboard, Mouse dan CPU. CPU sendiri berisi minimal Motherboard, Processor, Memory dan Harddisk. Jadi hardwaare merupakan perangkat yang fisiknya nampak berupa benda. Adapun beberapa hardware tambahan seperti stavolt, sound card, speaker aktif, dan printer.
b. Software (perangkat lunak)
Software atau perangkat lunak adalah sekumpulan program atau perintah-perintah digital untuk mengkoordinasikan kerja dari hardware. Software sebetulnya dibagi menjaddi beberapa bagian menurut fungsi kerjanya. Software yang digunakan untuk mengatur kerja hardware sampai dengan siap digunakan lebih lanjut sering disebut dengan Operating System (OS). Contohnya adalah LINUX, Apple dan Microsoft Windows.
c. Brainware (perangkat otak / pelaksana)
Yang dimaksudkan dengan brainware adalah manusia atau orang yang menjalankan komputer. Manusia sebagai brainware terdiri dari beberapa tingkatan. Tingkatan paling rendah adalah operator (hanya mampu menjalankan saja/menggunakan program). Tingkatan yang lain adalah programing dan analis.

4. MENGENAL APLIKASI KOMPUTER
Dalam komputer terdapat banyak  aplikasi yang dapat digunakan salah satunya adalah aplikasi perkantoran yang dikenal dengan Microsoft Office. Microsoft Office digunakan untuk mengerjakan data-data perkantoran yang diperlukan. Ada tiga bagian Microsoft Office yaitu:
a. Microsoft Word atau Microsoft Office Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
b. Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
c. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.

    Demikianlah postingan saya mengenai PENGERTIAN DAN SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER kiranya bermanfaat. Terimakasih dan Syalom.

No comments:

Post a Comment