Follow Me

Instagram

TIPS DAN CARA MEMBUAT BLOG PRIBADI YANG MENARIK DENGAN BLOGSPOT

Banyak orang sering menanyakan bagaimana cara membuat sebuah blog pribadi. Seperti saya dulu, dengan kemampuan seadanya saya memulai membuat blog dan membagikan informasi yang saya ketahui melalui blog ini. Saya sudah menjadi blogger selama satu setengah tahun ketika artikel ini saya tulis. Menurut beberapa teman saya yang pernah melihat laman blog saya bahwa blog saya ini bagus dan menarik. Meskipun demikian, saya masih sangat merasa belum ada apa-apanya. Menulis Artikel ini pun saya lakukan karena ada salah seorang teman di kampus saya bertanya bagaimana caranya membuat sebuah blog. Sesungguhnya dia meminta saya secara langsung, untuk mengajarkan tips dan caranya. Namun berhubung jadwal kami selalu padat sehingga saya tidak memiliki waktu yang cukup untuk menjelaskan kepadanya. Untuk itu saya menuliskan langkah-langkah dan cara membuat sebuah blog. Pertama, saya menyarankan kepadanya untuk membuat blog dengan menggunakan blogspot. Ini saya sarankan karena dia masih pemula dan blogspot memberikan layanan gratis. Setelah itu saya pun langsung memberikan langkah-langkah dalam membuat blog. Para pembaca juga dapat mengikuti langkah-langkah itu. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah Pertama: Membuat Akun Google Untuk Membuat Blog dengan Blogspot

Sebelum Anda masuk dalam pembuatan blog Anda, sebaiknya anda masuk ke akun google Anda supaya anda bisa dengan mudah masuk dalam pembuatan blog nantinya. Akun google akan membantu anda memasuki beberapa layanan dari Google seperti email, google+, google chrome, google drive, google map dan beberapa layanan google lainnya. Tapi jika Anda belum memiliki akun google, saya sarankan sebaiknya Anda segera membuatnya. Adapun caranya sangat mudah seperti berikut:

Masuk Halaman Pendaftaran Akun Google

Pertama yang anda harus lakukan adalah masuk ke halaman Google Sign Up dengan Klik: https://accounts.google.com/signup?hl=in dan akan terbuka seperti gambar berikut:
Membuat Blog


Isi Formulir Pendaftaran Akun Google

Untuk mendapatkan akun anda, wajib untuk mengisi Formulir Pendaftaran akun Google seperti berikut:

Isi nama, Email dan Password

Isilah nama anda dengan memasukkan nama depan dan nama belakang Anda, jangan sampai terbalik karena itu mengakibatkan nama Anda akan terbalik di dalam akun Anda, kecuali kalau anda sengaja. Selain itu masukkan nama alamat email yang ingin Anda Buat, misalnya nama.anda nantinya akan menjadi nama.anda@gmail.com akan anda gunakan membuat blog di blogspot nantinya. Anda juga wajib mengisi Password anda dan mengkonfirmasinya untuk memastikan bahwa anda dapat mengingatnya dan bisa anda gunakan untuk masuk ke akun anda nantinya. Untuk lebih jelas, lihat gambar berikut:
Membuat Blog

Isi Profil Pelengkap (Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Lain-lain).

Isi Tanggal Lahir, Jenis Kelamin (Gender), Nomor Hp, dan alamat email anda yang telah ada sebelumnya. Untuk alamat email anda saat ini tidak wajib di isi jika anda belum memiliki alamat email sebelumnya karena hanya di tujukan untuk menkonfirmasi pembuatan akun anda. Selanjutnya Anda harus melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa anda benar-benar akan menggunakan akun tersebut. Dan terakhir masukkan negara lokasi Anda berada. Lebih jelasnya di gambar berikut:
Membuat Blog
Jika Anda menginginkan verifikasi lewat telepon maka anda bisa mencentang Lewati verifikasi ini. 
Menbuat Blog


Klik Persetujuan Persyaratan dan Langkah Berikutnya.

Untuk melanjutkannya, Anda wajib menyetujui persyaratan dari google yaitu Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi. Jika Anda setuju maka silahkan klik Tab Langkah Berikutnya. Seperti terlihat di gambar berikut:
Membuat Blog

Mulai Menggunakan Akun Anda

Setelah itu, akun Anda pun jadi dan silakan akan masuk dalam halaman akun anda untuk mulai menggunakan akun tersebut. Klik mulai untuk memulai penggunaan akun Anda.
Membuat Blog
Maka akan Terbuka halaman seperti gambar berikut:
Membuat Blog
Seperti yang saya katakan tadi bahwa akun tersebut digunakan untuk mengaktifkan berbagai layanan dari google, tapi yang terpenting anda gunakan adalah google mail dan google+ karena ini dibutuhkan untuk masuk dalam blogger nantinya pada saat anda akan membuat blog Anda. Setelah optimasi google+ anda sudah selesai dan sudah bisa membuka mail google anda, tibalah waktunya untuk mulai membuat Blog Anda dengan inang blogspot.

Langkah Kedua: Membuat Blog Dengan Blogspot

Setelah tadi Anda sudah membuat akun google, itu artinya Anda sudah siap memulai proses pembuatan blog Anda. Sebelumnya, pastikan dulu bahwa Anda sudah benar-benar masuk dalam akun google Anda. Kemudian barulah bisa masuk kedalam proses pembuatan blog Anda. Adapun cara pembuatan blog dengan blogspot mengikuti proses sebagai berikut:

Masuk Ke Halaman Blogger Untuk Membuat Profil

Dalam halaman utama blogger dengan mengunjungi www.blogger.com  Anda akan memulai membuat profil blogger anda. Dan profil blogger sendiri terdiri dari dua macam yaitu:
Membuat Blog

Profil Blogger Terbatas

Profil Blogger terbatas yaitu dalam menggunakan blog anda, profil anda hanya akan terlihat nama anda saja tanpa penggunaan google plus secara otomatis.

Profil Google+

Profil google+ merupakan profil dalam blog anda secara otomatis di hubungkan dengan akun google plus Anda, sehingga langsung bisa menggunakan komentar dari google plus.
Untuk sekarang kebanyakan Blogger menggunakan profil google+ karena penggunaannya lebih baik dan cepat dalam mempublikasikan blog atau artikel ke google+.

Buat Blog Anda

Setelah Anda telah memiliki profil Blogger, baik itu profil terbatas atau pun google+, maka anda bisa langsung membuat blog Anda. Membuat blog setelah ini akan sangat mudah, ikuti cara dan tips berikut:

Klik Blog Baru

Pada sebelah kanan di halaman utama blogger anda terdapat tab bertuliskan blog baru. Untuk memulai pembuatan blog Anda klik tab tersebut. Perlu Anda ketahui dalam satu profil blogger, Anda bisa membuat blog lebih dari satu, sesuai kemampuan anda membuat blog.
Membuat Blog

Tentukan judul, alamat dan tema blog ada

Setelah Anda mengklik tab blog baru, akan muncul jendela yang menampilkan penentuan Judul, Alamat dan tema blog Anda. Tentunya anda bebas menentukan pilihan judul, alamat dan tema blog tersebut.
Membuat Blog

Memulai Menulis dan Mempublikasikan Artikel

Jika Blog Anda sudah terbentuk, maka anda pun bisa memulai menulis sebuah tulisan atau Artikel di blog Anda kemudian publikasikan  kepada pembaca supaya ditemukan di internet.
Membuat Blog

Desain Ulang tema dan lain-lain

Adapun cara supaya anda bisa membuat blog milik anda terlihat lebih menarik sesuai dengan karakter atau keinginan Anda dengan mengatur ulang desain, nama, alamat dan lain-lain.
Berikut fungsi beberapa tab dalam halaman blogger Anda:
  1. Ikhtisar: untuk melihat statistik dan layanan blogger lainnya.
  2. Pos: untuk melihat daftar postingan anda baik yang telah dipublikasikan maupun yang masih dalam draft dan pengaturan.
  3. Laman: untuk melihat daftar halaman yang telah publikasi dan yang masih dalam draft dan pengaturan.
  4. Komentar: Untuk melihat daftar komentar yang masuk dalam blog anda.
  5. Google+: untuk fungsi komentar dari google+.
  6. Statistik: Melihat statistik seperti Ikhtisar, pos, sumber lalu lintas dan pemirsa.
  7. Penghasilan: untuk fungsi pendapatan blog Anda.
  8. Kampanye: untuk fungsi jika Anda ingin mempromosikan blog anda secara berbayar.
  9. Tata letak: fungsi pengaturan letak-letak gatget dalam blog Anda.
  10. Tempelate: Untuk fungsi jika anda ingin mengubah tema blog Anda.
  11. Setelan; fungsi untuk mengubah setelan blog anda, seperti judul, Alamat, bahasa dan lain-lain.

Mempromosikan Blog Agar Terlihat Di Google, Yahoo, Bing dan Mesin Pencari Lainnya.

Jika Anda telah menuliskan Artikel Anda di Blog yang Anda buat tadi, sebaiknya Anda segera mendaftarkannya ke Mesin Pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan Lain-lain agar blog anda bisa ditemukan pembaca saat mencari di penelusuran. Apa gunanya jika Anda memiliki tulisan yang baik namun tidak dapat di temukan di mesin pencari. Untuk Lebih Mudah mendaftarkan ke mesin pencari silahkan klik Mendaftarkan Blog ke mesin Pencari atau klik Gambar di bawah ini:
Free Search Engine Submission
Saya rasa cukup sekian tips dari saya mengenai cara membuat blog yang menarik dengan blogspot.

2 comments: