Follow Me

Instagram

ETNOGRAFI PAPUA KHUSUS TEKNIK SIPIL


Syalom..
Kali ini, saya akan memberikan sedikitnya penjelasan tentang tujuan mempelajari etnografi papua khusus untuk teknik sipil. Langsung saja yah..., Teknik sipil merupakan salah satu jurusan dalam perkulihan di fakultas teknik yang tujuannya untuk menghasilkan enginer yang berkualitas dibidang perencanaan dan teknik sipil. Khusus di Papua teknik sipil mempelajari suatu mata kuliah khusus yang dinamakan ETNOGRAFI PAPUA. Mata kuliah ini mengajarkan mengenai manusia dan kebudayaan yang ada di papua, khususnya Etnis Papua itu sendiri.

Alasan Utama Mempelajari Etnografi Papua

Mengapa seorang calon Engineer di Papua harus mempelajari Kebudayaan Etnis Papua itu? Sebetulnya mempelajari Etnografi Papua bagi teknik sipil bukan berarti untuk ikut berbaur dalam komunitas etnis papua kecuali kalau memang ada kemauan sendiri, tapi target utamanya adalah supaya seorang Enginer dapat memahami bagaimana pola tingkah laku masyarakat papua. Tapi bukan juga hanya sekedar  tujuan untukmemahami melainkan  juga dapat memberi pemahaman kepada mereka khususnya bagi pemimpin mereka.
Setelah seorang Engineer telah mencapai tujuan memahami etnis papua lebih dalam dari mempelajari Etnografi Papua, diharapkan mereka dapat betul-betul bisa memberikan pendekatan yang luar biasa bagi masyarakat. Setelah terjadi pendekan maka seorang enginer teknik sipil dengan mudah melakukan kerja sama dengan masyarakat. Dengan adanya kerja sama itu maka dengan mudah pula bagi seorang enginer teknik sipil menjalankan tugasnya di lapangan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempelajari Etnografi Papua

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam mempelajari tentang Etnografi Papua itu sendiri. Antara lain, setiap daerah di papua memiliki kebudayaan yang sangat berbeda mulai dari kepercayaan, bahasa, pandangan hidup, mata pencarian dan lain sebagainya. Jadi memang agak rumit untuk memahami etnis papua secara cepat dan detail. Maka itulah pentingnya mengapa dalam teknik sipil harus mempelajari etnografi papua secara khusus. Selain dari itu, hal penting yang harus diperhatikan yaitu masih banyak suku pedalaman papua yang belum bisa terangkau karena sulitnya akses untuk menjangkaunya. Dan disinilah tugas utama seorang engineer teknik sipil nantinya untuk melakukan pembangnan ke daerah-daerah tersebut. Namun tentunya terlebih dahulu harus memahami etnis tersebut dan melakukan pendekatan. Sekali lagi itulah tujuan dan pentingnya mempelajari etnografi papua bagi teknik sipil.

Tujuan lain mempelajari Etnografi Papua

Selain tujuan-tujuan di atas, tujuan lain dalam mempelajari etnografi papua bagi teknik sipil secara khusus yaitu untuk belajar bagaimana cara mempertahankan hidup di suatu daerah di papua. Misalnya jika seorang dari teknik sipil telah memiliki pekerjaan di bidangnya dan harus menjalankan tugas di pedalaman. Bayangkan jika kehabisan bahan makanan dan akses masuk cukup sulit. Maka tidak mungkin bagi mereka bisa bertahan hidup jika tetap menunggu kiriman logistik. Jadi satu-satunya jalan yaitu mempelajari bagaimana cara etnis terdekat di daerah tersebut mempertahankan hidup. Mulai dari cara mendapatkannya, cara mengolahnya, cara menyajikanya bahkan cara mengkonsumsinya pun semua itu harus dipelajari jika ingin bertahan hidup. Hanya saja, setiap suku etnis papua memiliki perbedaan dalam cara mempertahankan hidup, jadi kemungkinan jika pekerjaan berpindah-pindah maka cara bertahan hidup pun akan sering berganti. Namun semua itu pun ada pentingnya bagi kelangsungan hidup seorang engineer. Jadi begitu banyak pentingnya mempelajari etnografi papua.

KESIMPULAN

Jadi dapat kita simpulkan bahwa tujuan mempelajari etnografi Papua bagi teknik sipil adalah untuk memberikan pendekatan kepada seorang engineer dengan masyarakat Papua, sehingga terjadi kerja sama yang baik saat dalam pekerjaan yang berhubungan dengan teknik sipil dalam membangun tanah Papua. Selai itu, sebetulnya masih begitu banyak tujuan mempelajari etnografi papua bagi engineer teknik sipil. Apalagi bagi calon engineer yang ingin menjadi tenaga engeneer khusus untuk membangun tanah papua kita yang tercinta ini sebaiknya pelajari memang etnografi papua secara mendalam dan lebih sering melakukan pendekatan bagi masyarakat kita di papua tentunya. Bukan teknik sipil saja tapi juga semua teknik apapun khususnya semua yang ada dalam Lingkaran Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih. Hidup FT UNCEN salam TEKSA-TEKSU dan khusus salam SISA-SISA untuk sipil. Terimakasih.PAPEDA(Papua Penuh Damai)!

1 comment: